Senin, 21 Maret 2016

Sekarah KBS (Kebun Binatang Surabaya)


Kebun Binatang Surabaya 



Sejarah Kebun Binatang Surabaya
By Rukmana On Sunday, June 8th, 2014 Categories : Hewan


Sejarah Kebun Binatang Surabaya – Kebun binatang Surabaya adalah salah satu kebun binatang yang ada di Indonesia yang paling terkenal dan paling populer karena di dalam kebun binatang ini banyak terdapat spesies hewan, yaitu sekitar 351 spesies dan lebih dari 2000 jenis binatang di dalam nya.
Kebun Binatang Surabaya.

Di kebun binatang Surabaya ini banyak binatang atau reptil yang sudah langka di Dunia atau pun di Indonesia dan semua jenis hewan tersebut di rawat dengan baik di kebun binatang Surabaya ini.

Kebun binatang Surabaya berdiri pada tanggal 31 Agustus 1961 dan pada saat itu nama nya adalah Soerabaiasche Planten-en Dierentuin dan keterangan itu berdasarkan SK Gubernur Jenderal Belanda, dan berdiri nya kebun binatang Surabaya ini tidak terlepas dari jasa seorang penggemar binatang yaitu H.F.K. Kommer.

Selain itu kepengurusan kebun binatang Surabaya ini sangat rapih sekali pada masa itu yaitu dengan susunan kepengurusan nya yaitu:

Ketua : J.P Mooyman, Sekertaris nya A.H.de Wildt, dan bendahara nya yaitu : P Egos dan rekan-rekan nya sebanyak 6 orang diantara nya yaitu: A. Lenshoek, F.C. Frumau, J. Th. Lohmann, H.C. Liem, M.C. Valk, dan Edw. H. Soesman.


Pada mula nya tempat Kebun binatang ini yaitu berada di Kaliondo dan sekitar tahun 1917 di pindahkan ke Groedo, namun itu hanya bertahan selama kurang lebih 3 tahun saja karena pada tahun 1920 di pindahkan kembali yaitu ke daerah Darmo yang mempunyai luas sekitar 30.500 m2.

Sebenar nya berdiri nya kebun binatang ini bukan tanpa halangan karena perlu di ketahui kebun binatang ini sempat akan di bubarkan dengan alasan biaya operasional yang tinggi dan tidak terpenuhi yang hanya mengandalkan dari karcis masuk.

Namun banyak pengurus yang tidak setuju jika kebun binatang ini harus di bubarkan, maka semua para pengurus melakukan rapat dan hasil nya W.A Hompes di tunjuk menjadi ketua nya yaitu menggantikan J.P Mooyman.

Maka dengan segala cara ketua yang baru ini melakukan beberapa pendekatan terhadap pemerintah Surabaya untuk sedikit memperhatikan kebun binatang ini dan itu tidak sia-sia, beliau berhasil membujuk Walikota dan DPR Surabaya untuk memperluas area kebun binatang ini dan terbeli lah tanah seluas 32.000 m3 dan hal itu pun tidak terlepas dari sumbangan Maskapai Kereta Api (OJS) dan kini luas dari kebun binatang Surabaya ini mencapai 15 hektare.- See more at: http://hewan.co/sejarah-kebun-binatang-surabaya.html#sthash.kQXynPBI.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar